Ketika melihat keadaan dunia saat ini, saya sempat teringat kepada satu cerita lama dari seorang novelis bernama Leo Tolstoy. Dialkisahkan bahwa pada suatu saat ada seorang pemuda yang diberikan sebuah perahu dan dua dayung untuk menyeberangi sebuah sungai. Sang pemuda tersebut pun menaiki perahu tersebut dan ketika sampai ditengah sungai yang lebar itu, ia melihat banyak orang-orang lain dengan perahu perahu mereka masing masing sedang mengambang mengikuti aliran sungai dengan penuh canda dan tawa. Mereka bersenang-senang dan bernyanyi-nyanyi.

Sang pemuda tersebut pun bertanya kepada seseorang lainnya, “Hey pak, hendak kemana kah anda?” Lalu orang itu pun menjawab, “Hendak kemana lagi? Apakah ada jalan lain ya?” sambil bernyanyi dan bergembira dengan orang-orang lainnya.

Tak lama pun sang pemuda ini mulai mengikuti mereka dan mengambang dengan canda dan tawa, seakan-akan lupa dengan tujuannya untuk mencapai seberang sungai tersebut.

Tak lama, ia dapat mendengar suara gemuruh air terjun di kejauhan, lalu tak ayal lagi dengan cepatnya ia mengambil kembali dayungnya dan mendayung sekuat tenaga hingga ia akhirnya dapat sampai ke seberang sungai dengan kehabisan seluruh tenaganya.

Dari kisah ini saya bisa mendapat beberapa pencerahan, dan bila kita telaah lebih lanjut kita bisa mendapatkan bahwa ada tiga karakter manusia yang bisa kita lihat dari cerita ini. Sekarang pertanyaannya adalah, karakter seperti apakah yang ingin anda terapkan didalam hidup anda.

Apakah anda ingin menjadi seperti banyak orang yang hanya mengambang mengikuti arus sungai? Menerima nasib dan hanya bisa menggerutu apabila alirannya menjadi deras atau terbentur dengan batu karang? Hingga pada akhirnya banyak dari mereka yang tidak dapat menyelamatkan diri dari air terjun yang fatal?

Atau mungkin menjadi seperti sang pemuda tersebut yang sadar pada saat saat terakhir dan harus berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan dirinya?

Mengapa tidak menjadi seseorang yang memiliki pendirian yang kuat untuk sukses didalam hidup, dan tidak pernah mempertanyakan kenapa tetapi mempercayai bahwa ia harus sampai ke seberang seperti pada awalnya.

Kita bisa refleksikan kisah diatas kembali kedalam kehidupan kita, apakah itu tujuan dan misi dari hidup kita? Apa yang ingin anda capai dan tinggalkan didunia ini, sebelum anda kehabisan waktu menjelang air terjun di akhir sungai? Seperti pesan saya di tulisan saya yang lain, keadaan anda saat ini adalah hasil dari keputusan dan tindakan anda 5-10 tahun yang lalu. Masa depan anda 5 sampai 10 tahun kedepan akan ditentukan dari pilihan dan tindakan anda saat ini.

facebooksharebutton twitter+share+button Red-signin_Medium_base_44dp

Please follow and like us: