Bill Gates menulis sebuah buku di tahun 1999, “Business @ the Speed of Thought”, dan di dalam buku tersebut, Bill membuat 15 prediksi yang cukup berani sehingga mungkin pada saat itu terdengar keterlaluan dan tidak mungkin.

Tetapi sesuai dengan blog seorang mahasiswa bisnis Marcus Kirjonen, perkiraan nya ternyata menjadi “tepat secara mengerikan”.

Berikut ini 15 prediksi Bill Gates dan apa yang ada di dunia saat ini.

  1. Situs Perbandingan Harga

Bill Gates prediksikan bahwa: “Akan dikembangkan layanan perbandingan harga otomatis, yang memungkinkan orang untuk melihat harga di beberapa situs, sehingga mudah untuk menemukan produk termurah dari semua industri.”

Apa yang kita lihat sekarang: anda bisa dengan mudah mencari informasi sebuah produk atau jasa di Google atau Amazon dan mendapatkan perbedaan harga dari barang yang sama. Situs seperti NextTag dan PriceGrabber dibangun khusus untuk perbandingan harga.

Bahkan saat ini, premi asuransi, hingga biro perjalanan dan tempat penginapan pun sudah bisa kita bandingkan harganya secara online, seperti di Traveloka, Agoda dan sebagainya.

  1. Perangkat Selular Mobile

Bill Gates prediksikan bahwa: “Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang akan memungkinkan mereka untuk secara konstan tetap berhubungan dan melakukan bisnis secara elektronik dimanapun mereka berada. Mereka akan bisa melihat berita, info penerbangan yang sudah mereka pesan, informasi dari pasar keuangan dan melakukan hampir apa saja pada perangkat ini.”

Apa yang kita lihat sekarang: Smartphones, dan sekarang Smartwatches sudah bisa melakukan kebanyakan hal tersebut bagi kebanyakan orang.

  1. Pembayaran instan dan pembiayaan secara online, serta pelayanan kesehatan yang lebih baik melalui web

Bill Gates prediksikan bahwa: “Orang-orang akan membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka, dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui internet.”

Apa yang kita lihat sekarang: teknologi belum bisa merubah pelayanan kesehatan secara signifikan, tetapi ada situs seperti ZocDoc yang membuat anda dapat menemukan dokter dan menjadwalkan pemeriksaan secara lebih mudah. Anda juga sekarang bisa meminjam uang secara online melalui situs seperti Lending Club, dan dengan mudah melakukan pembayaran melalui situs seperti Paypal dan Venmo.

  1. Assisten pribadi dan multi fungsi internet

Bill Gates prediksikan bahwa: “Akan dikembangkan, teman dan sahabat pribadi. Mereka akan berhubung langsung secara sinkron kepada semua perangkat anda dengan cara yang efektif dan cerdas, dimanapun mereka berada, baik itu dirumah maupun di kantor, dan memungkinkan mereka untuk melakukan pertukaran data. Perangkat ini akan memeriksa email atau pemberitahuan, dan menampilkan informasi yang anda butuhkan. Ketika anda pergi ke sebuah toko, anda akan bisa memberitahu resep apa yang ingin anda buat dan dia akan bisa memberikan daftar bahan-bahan yang anda butuhkan dan perlu untuk anda beli. Dia akan memberitahukan semua perangkat yang anda gunakan mengenai pembelian dan jadwal anda, yang memungkinkan bagi mereka untuk menyesuaikan dengan apa yang ada lakukan.

Apa yang kita lihat sekarang: Google Now, sebuah asisten cerdas yang berjalan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, mulai bergerak kearah ini. Sementara perangkat pintar lainnya seperti Nest mengumpulkan data dari rutinitas anda dan menyesuaikan secara otomatis temperature rumah anda. Beacons akan mengirimkan kupon toko berdasarkan dengan pembelian yang telah anda lakukan.

  1. Monitor Rumah secara Online

Bill Gates prediksikan bahwa: “Rekaman video tentang keamanan rumah anda secara terus menerus akan menjadi sangat umum, yang akan memberitahukan kepada anda ketika ada seseorang mengunjungi sementara anda tidak berada dirumah.”

Apa yang kita lihat sekarang: Dropcam menjual kamera pengintai rumah yang mempermudah proses memonitor keadaan rumah kita. Google membeli perusahaan tersebut dengan harga US$ 555 Juta di tahun 2014.

  1. Media Sosial

Bill Gates prediksikan bahwa: “Website pribadi untuk teman dan keluarga akan menjadi sesuatu yang umum, memungkinkan anda untuk berbicara secara langsung dan merencanakan sebuah acara.”

Apa yang kita lihat sekarang: Situs media sosial seperti Facebook dan Instagram sudah bisa melakukan hal tersebut.

  1. Penawaran Promosi Otomatis

Bill Gates prediksikan bahwa: “perangkat lunak atau software akan mengetahui kapan anda memesan sebuah perjalanan dan menggunakan informasi tersebut untuk menyarankan beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan di tempat tujuan anda. Dia akan bisa menyarankan aktifitas apa, diskon, penawaran dan harga yang lebih murah dari semua hal yang anda inginkan.”

Apa yang kita lihat sekarang: situs travel seperti Expedia dan Kayak memberikan penawaran berdasarkan dari pembelian yang pernah kita lakukan. Google dan iklan Facebook bisa menawarkan iklan promosi berdasarkan lokasi pengguna dan apa yang pengguna tersebut suka.

  1. Situs diskusi Olahraga yang ‘Live’

Bill Gates prediksikan bahwa: “Ketika menonton sebuah pertandingan olah raga di TV, akan ada jasa yang memungkinkan anda untuk mendiskusikan apa yang terjadi secara langsung, dan mengikuti kontes dimana anda bisa memilih pada siapa yang akan memenangkan pertandingan tersebut.”

Apa yang kita lihat sekarang: Banyak media sosial yang sudah memungkinkan aplikasi tersebut, dengan Twitter yang secara jelas pada saat ini memimpin. Anda bisa meninggalkan komentar anda secara langsung pada situs olah raga seperti ESPN.

  1. Iklan yang Cerdas

Bill Gates prediksikan bahwa: “perangkat akan memiliki iklan yang cerdas. Mereka akan bisa mengetahui tren pembelian anda dan menampilkan iklan yang sesuai dengan pilihan dan kesukaan anda.”

Apa yang kita lihat sekarang: kebanyakan dari semua iklan secara online memiliki fitur seperti ini sekarang, dimana para pengiklan bisa memilih pengguna berdasarkan dari ‘click history’ mereka, kesukaan mereka masing-masing dan pola pembelanjaan mereka.

  1. Link ke situs dalam TV

Bill Gates memprediksikan bahwa: “Siaran Televisi akan menyertakan link ke situs yang bersangkutan dan memberikan isi dan informasi yang melengkapi acara yang sedang anda tonton.”

Apa yang kita lihat sekarang: Hampir dari semua pertandingan olah-raga yang ditampilkan secara ‘live’ akan memilki iklan yang menampilkan link ke situs tertentu. Bahkan terkadang mereka juga menampilkan Twitter dari tim yang bertanding.

  1. Papan diskusi Online

Bill Gates memprediksikan bahwa: “Warga kota dan negara-negara akan bisa melakukan diskusi secara online mengenai isu-isu yang mempengaruhi mereka, contohnya politik, perencanaan tata kota atau keamanan.”

Apa yang kita lihat sekarang: Kebanyakan dari situs berita memiliki bagian komentar yang memungkinkan orang-orang untuk berdiskusi langsung, sementara banyak situs lainnya memiliki forum dimana orang-orang bisa bertanya jawab tentang berbagai topic. Twitter dan Facebook memiliki peran besar didalam revolusi politik di Libya, Mesir dan Tunisia.

  1. Situs online berbasis internet

Bill Gates memprediksikan bahwa: “Komunitas online tidak akan dipengaruhi oleh lokasi anda, melainkan minat dan kesukaan anda.”

Apa yang kita lihat sekarang: Ada banyak sekali jenis situs berita dan komunitas online yang terfokus kepada satu topic. Kebanyakan situs berita berkembang dan memperluas ke topik tertentu, menawarkan pembahasan lebih dalam kedalam topik

tersebut.

  1. Software (perangkat lunak) untuk Pengelolaan Proyek

Bill Gates memprediksikan bahwa: “Para pemimpin proyek yang sedang membangun sebuah tim dapat mencarinya secara online, menjelaskan tentang proyek tersebut dan mendapatkan rekomendasi atas orang-orang yang mungkin cocok dan sesuai dengan kebutuhan mereka.”

Apa yang kita lihat sekarang: Ada banyak sekali software yang merevolusi bagaimana cara anda merekrut, membentuk tim, dan menetapkan pekerjaan untuk orang lain.

  1. Rekrutmen online

Bill Gates memprediksikan bahwa: “Demikian pula, orang-orang yang sedang mencari pekerjan dapat menemukan lowongan yang sesuai dengan menyatakan minat dan kebutuhan mereka, dan ketrampilan apa yang mereka miliki.”

Apa yang kita lihat sekarang: Situs seperti LinkedIn memungkinkan para pengguna untuk meng-upload resume mereka dan mencari pekerjaan berdasarkan minat dan kebutuhan individu. Para penyewa akan dapat mencari berdasarkan keahlian khusus mereka.

  1. Software Komunitas Bisnis

     

Bill Gates memprediksikan bahwa: “Perusahaan akan bisa melakukan tawaran pada pekerjaan, apakah mereka mencari proyek untuk pembangunan, pembuatan film, atau bahkan kampanye iklan. Ini akan menjadi sangatlah efisien bagi perusahaan besar yang ingin melakukan ‘outsourcing’ pekerjaan mereka yang tidak biasa mereka lakukan, juga efisien bagi perusahaan yang sedang mencari klien baru, juga bagi perusahaan yang tidak memiliki akses ke penyedia layanan tersebut.”

Apa yang kita lihat sekarang: Banyak perangkat lunak perusahaan terfokus kepada aspek sosial tersebut, sehingga penggunanya dapat menjangkau bisnis lain dan memulai percakapan yang mungkin bisa menghasilkan proyek yang lebih besar didalam aplikasi mereka.

 

Sekarang pesan saya, dari ke 15 prediksi tersebut, masih banyak sekali peluang yang bisa diaplikasikan di dalam market Indonesia, contoh banyaknya perusahaan dot com yang berkembang didalam 10 tahun terakhir di tanah air kita berada didalam 15 prediksi tersebut. Contohnya dari Tokopedia, Acommerce, Berrybenka, Traveloka, Rajakamar, dan masih banyak lagi.

Apa yang kita bisa terapkan langsung kedalam pengembangan dunia internet di Indonesia?

facebooksharebutton twitter+share+button Red-signin_Medium_base_44dp

Please follow and like us: