Menurut majalah Forbes, daftar miliarder di dunia saat ini berjumlah 1645 orang. Hal tersebut merupakan jumlah terbanyak dalam sejarah miliarder di dunia, berarti jumlah miliarder tersebut mengalami peningkatan. Dari sekian banyak jumlah para konglomerat dunia tersebut, 19 diantaranya adalah orang Indonesia.

R. Budi Hartono, Michael Hartono, Chairul Tanjung bukanlah nama yang asing lagi, mereka menempati posisi tiga terkaya di Indonesia 2014. Lalu apa yang bisa kita pelajari dari orang terkaya di Indonesia ini?

1. Semuanya bisa menjadi kaya di Indonesia

Walaupun beberapa mendapatkan kekayaan mereka dari hasil warisan, banyak juga orang-orang yang memasuki Rich List tersebut mendapatkan kesuksesan mereka atas hasil kerja keras mereka sendiri, bahkan beberapa datang dari kelas pekerja pada mulanya.

Memiliki pendidikan elit bukan menjadi suatu keharusan untuk bergabung kedalam list tersebut. Walaupun ada beberapa yang membangun network mereka pada saat sedang berada di sekolah, banyak juga yang bahkan tidak menyelesaikan sekolah mereka, dan pada faktanya, banyak juga yang tidak menyelesaikan kuliah mereka.

2. Invest melawan kondisi pasar.

Ingan pesan Warren Buffet yang terkenal: ‘Be fearful when others are greedy, and be greedy when others are fearful’ – Jadilah takut ketika semuanya sedang serakah, tetapi jadi serakahlah ketika yang lain sedang takut.

3. Buat milliaran pertama anda dan investasikan lah – jangan dipakai.

Kembangkan asset anda terlebih dahulu, sebelum anda mulai mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

4. Ambil resiko sebanyak mungkin di awal, tapi jangan ketika semuanya sudah jalan.

Banyak pengusaha mengambil resiko besar untuk mendirikan perusahaan mereka, investor yang berhasil justru adalah mereka yang ‘mengawetkan’ kekayaan nya dengan berinvestasi secara hati-hati daripada mengambil resiko lebih.

5. Miliki satu ide yang bagus, dan terus ulangi.

Kalau kita perhatikan, hamper semua pengusaha memiliki satu sifat yang sama, yaitu kemampuannya untuk mengambil satu ide bagus dan mengulanginya terus menerus. Perhatikan list tersebut dan anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali pengusaha hanya meneruskan satu konsep tahun demi tahun, tetapi mereka ekspansi ke daerah lain.

6. Bisa melihat suatu trend

Ini berbeda dengan hype, yang biasanya lebih sebentar.

7. Fokus di Pertumbuhan Asset

Cash flow memang penting, tetapi untuk menjadi sangat kaya, anda butuh dasar asset yang besar. Orang terkaya di dunia pun terobsesi untuk selalu mengembangkan asset mereka. Mereka lebih mementingkan membangun ‘balance-sheet’ mereka daripada melihat di laporan ‘profit and loss’.

8. Miliki tim yang handal di sekitar anda

Seperti yang saya selalu bilang, kalau anda adalah orang terpandai di dalam tim anda, you’re in trouble.

9. Take Action

Semua orang yang bisa mencapai kedalam list ini, semuanya dimulai dengan suatu impian, dan mereka take action untuk mencapainya.

10. Anda tidak akan pernah menjadi yang terlalu tua, ataupun terlalu muda.

Di Australia, pendatang baru termuda adalah Owen Kerr umur 30 tahun, co-founder Valuta Asing Online Pepperstone, dan pendatang tertua nya adalah Michael Crouch umur 81 tahun, founder dari Zip Industries.

11. Jadi anda belum memasuki list ini tahun ini…

Selalu ingat, bahwa tidak ada salahnya untuk melihat apa yang orang sukses lakukan dan menerapkannya kedalam hidup kita.

Sumber:Forbes, Australian Property Investor, Bisnis Indonesia.

facebooksharebutton twitter+share+button Red-signin_Medium_base_44dp

Please follow and like us: